Go to Top

SIDANG DEWAN SUMBER DAYA AIR TAHUN 2018

PALU – Sidang ini di laksanakan pada hari senin 29 Oktober 2018  yang bertempat di Aula Kantor Bapelkes, Kota Palu, Sulawesi Tengah. yang di Pimpin oleh Kepala Dinas Sumber Daya Air, yang dalam hal ini di wakili oleh Sekretaris Dinas SDA, adapun Anggotanya Terdiri dari perwakilan unsur pemerintah maupun dari unsur non pemerintah.

Sidang  ini diselenggarakan oleh Bidang Sungai, Pantai, Danau  Dinas Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah.

Adapun Pembahasan dalam sidang ini mengenai  :

  1. Pembahasan isu-isu strategis permasalahan di tingkat wilayah sungai
  2. Rencana Kunjungan Lapangan ke wilayah sungai

 

Selanjutnya Pembahasan- pembahasan  Mengenai Permasalahan di  tingkat wilayah sungai yaitu :

WS Bongka Mentawa

  • Pembahasan dan penetapan Tata Tertib Rapat dan Tata Cara Pengambilan Keputusan TKPSDA-WS Bongka Mentawa Tahun 2018 – 2023 menjadi pedoman dalam pelaksanaan rapat dan pengambilan keputusan rapat.
  • Pembahasan dan penetapan program dan kegiatan TKPSDA-WS Bongka Mentawa merupakan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan TKPSDA-WS Bongka Mentawa untuk tahun 2018 – 2023.
  • Bahwa untuk menindaklanjuti rekomendasi Tim Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai Bongka Mentawa akan dilakukan kunjungan lapangan bersama dengan pelaksanaan kunjungan Dewan Sumber Daya Air Provinsi.
  • Perlunya melakukan kegiatan konservasi dan perlindungan sumber-sumber air dalam menjaga keberlanjutan dan ketersediaan air serta mencegah daya rusak air pada masa-masa yang akan datang.

WS Lambunu Buol

  • Pembahasan dan penetapan program dan kegiatan TKPSDA-WS Lambunu Buol merupakan pedoman dan arahan dalam pelaksanaan TKPSDA-WS Lambunu Buol untuk tahun 2018 – 2023.
  • Pembahasan dan penetapan Tata Tertib Rapat dan Tata Cara Pengambilan Keputusan TKPSDA-WS Lambunu Buol Tahun 2018 – 2023 menjadi pedoman dalam pelaksanaan rapat dan pengambilan keputusan rapat.
  • Pembahasan dan penetapan Alokasi Air pada Daerah Aliran Sungai Kalangkangan sebagai informasi dalam perumusan kebijakan penggunaan air pada DAS tersebut.
  • Peninjauan Daerah Irigasi Kombo Kabupaten Toli-Toli terkait masalah kekeringan dan kekurangan air pada musim tanam.
  • Perlunya melakukan kegiatan konservasi dan perlindungan sumber-sumber air dalam menjaga keberlanjutan dan ketersediaan air serta mencegah daya rusak air pada masa-masa yang akan datang.

 

WS Laa Tambalako

  • Pembahasan dan diskusi berbagai potensi dan permasalahan serta isu-isu strategis yang ada di Wilayah Sungai Laa Tambalako merupakan agenda yang tetap harus dibahas dalam setiap rapat-rapat TKPSDA-WS.
  • Perlu melakukan evaluasi dan tindak lanjut dari berbagai permasalahan yang telah dihasilkan oleh TKPSDA-WS sehingga dapat diketahui solusi dan pemecahan masalah dari permasalahan yang ada.
  • Menyusun rekomendasi dari beberapa persoalan dan permasalahan yang telah dihasilkan sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Daerah khususnya instansi terkait yang berhubungan dengan pengelolaan dan pengembangan sumber daya air.
  • Perlu terus melakukan koordinasi dan kerjasama dalam menyelesaikan persoalan-persoalan pengelolaan sumber daya air antar stakeholders maupun dengan lembaga/organisasi masyarakat serta melibatkan masyarakat dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RSS
Follow by Email
Facebook
Facebook
Twitter