" /> KUNJUNGAN KERJA/STUDY BANDING PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN/PETUGAS OP IRIGASI DAN P3A DI PROVINSI JAWA TENGAH DAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA | Dinas Cikasda Sulteng
Go to Top

KUNJUNGAN KERJA/STUDY BANDING PENINGKATAN KAPASITAS PENGELOLAAN/PETUGAS OP IRIGASI DAN P3A DI PROVINSI JAWA TENGAH DAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kegiatan kunjungan Kerja/Study Banding Peningkatan Kapasitas Pengelolaan/Petugas OP Irigasi dan P3A di Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2019 di laksanakan di dua tempat yaitu di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah dan di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun agenda kegiatan tersebut sebagai berikut :

Hari Pertama, melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan penataan Ruang Jawa Tengah di Kota Semarang, dengan agenda sebagai berikut :

Acara kunjungan kerja/study banding ke PUSDAPR disambut baik oleh Kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan PR beserta Jajarannya, sekaligus Beliau membuka dan mengawali acara kunker tersebut. Beliau menyambut baik kedatangan TIM dari Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, sekaligus Beliau menjelaskan bahwa Dinas PU Sumber Daya Air dan PR menangani 2 (dua) urusan yaitu urusan Sumber Daya Air dan Urusan Perumahan Rakyat. Selanjutnya Beliau menjelaskan mengenai Daerah Irigasi kewenangan Pusat sebanyak 37 DI, Kewenangan Provinsi sebanyak 108 DI dan Kewenangan Kabupaten/Kota sebanyak 11.401 DI.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan sharing terkait pengelolaan Daerah Irigasi, kemudian diakhiri dengan serah terima cenderamata antara Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah dengan Dinas Cipta karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah. Kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Daerah Irigasi SUCEN mengairi 595,7 Ha yang didirikan tahun 1918.

Hari Kedua, melaksanakan kunjungan kerja ke Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan agenda sebagai berikut :

Acara Study Komparansi ke PU Bantul disambut baik oleh Kepala Dinas PU Bantul yang diwakili oleh Keapal Bidang Irigasi dan Rawa Bapak Yitno beserta Jajarannya, sekaligus Beliau membuka dan mengawali acara study komparansi tersebut. Beliau menyambut baik kedatangan TIM dari Dinas Cipta Karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah, sekaligus Beliau menjelaskan bahwa Bantul berada di hilir sehingga jika banjir menjadi sasaran sampah dan musim kemarau mengalami kekeringan, berdasarkan hal tersebut sehingga Profesor Sigit dari Universitas Gajah Mada menjadi pencetus Gerakan Irigasi Bersih (GIB).

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan sharing terkait pengelolaan Daerah Irigasi, serta paparan dari Profesor Sigit terkait pemanfaatan Gerakan Irigasi Bersih (GIB) kemudian diakhiri dengan serah terima cenderamata antara Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Dinas Cipta karya dan Sumber Daya Air Provinsi Sulawesi Tengah. Kemudian acara dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke Daerah Irigasi Kami Joro mengairi 2370 Ha yang didirikan tahun 2016-2018. Selanjutnya kunjungan diteruskan ke lokasi pengolahan sampah dan usaha tani yang menjadi percontohan Gerakan Irigasi Bersih (GIB).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *