Go to Top

Air Minum & Penyehatan L. Permukiman

DESKRIPSI

Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan  mempunyai tugas di Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman

Untuk menyelenggarakan tugas pokoknya, bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan mempunyai fungsi :

  1. Merencanakan program dan kegiatan di Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman berdasarkan Norma, Standar, Pedoman dan Kriteria (NSPK) sebagai acuan pelaksanaan kegiatan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman;
  2. Mendistribusikan tugas kepada para Kepala Seksi di lingkungan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman sesuai dengan tugas dan fungsi para Kepala Seksi Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman agar terlaksana kegiatan di Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman;
  3. Memberi arahan dan petunjuk kepada para Kepala Seksi di lingkungan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan tugas;
  4. Menyelia penyelenggaraan tugas Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman berdasarkan target dan sasaran capaian kinerja tahunan;
  5. Menyelenggarakan/operasional perencanaan umum, penyelenggaraan air minum dan penyehatan lingkungan permukiman lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  6. Mengevaluasi prestasi kerja para Kepala Seksi di lingkungan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman berdasarkan hasil yang dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam pelaksanaan program kegiatan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman;
  7. Membuat laporan per bulan, per triwulan dan per tahun hasil pelaksanaan kegiatan Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman sesuai dengan sumber data yang ada dan berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan untuk dipergunakan sebagai bahan masukan bagi atasan;
  8. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diperintahkan pimpinan baik lisan maupun tertulis.
  •    Seksi Perencanaan Teknis Sistem Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman

Seksi Perencanan Teknis Sistem Penyediaan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Permukiman mempunyai tugas menyiapkan bahan perumusan kebijakan, penyusunan perencanaan, dan pemberian bimbingan teknis penyelenggaraan kegiatan pengembangan sistem penyediaan air minum dan penyehatan lingkungan permukiman.

Uraian tugas Seksi Perencanaan Teknis Sungai, Pantai, Danau dan Air Baku, meliputi :

  1. Penyusunan kebijakan dan strategi sistem penyediaan air minum, persampahan, air limbah dan drainase lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  2. Penyusunan rencana induk sistem penyediaan air minum, persampahan, air limbah dan drainase lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  3. Penyusunan rencana teknis prasarana dan sarana pengembangan sistem penyediaan air minum, persampahan, air limbah dan drainase lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  4. Fasilitasi peningkatan kapasitas manajemen dan keuangan lembaga pengelola prasarana dan sarana pengembangan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  5. Inventarisasi laporan pelaksanaan penyelenggaraan dan pengelolaan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  6. Koordinasi pelaksanaan penyelenggaraan dan pengelolaan sistem penyediaan air minum di kabupaten/kota dalam rangka pemenuhan kebutuhan air minum;
  7. Penyusunan NSPK pengembangan sistem penyediaan air minum bagi kabupaten/kota;
  8. Pengawasan Pelaksanaan NSPK sistem penyediaan air minum bagi kabupaten/kota;
  9. Fasilitasi bimbingan supervisi dan konsultasi pengelolaan dan pengembangan sistem penyediaan air minum kabupaten/kota;
  10. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan pengembangan sistem penyediaan air minum bagi kabupaten/kota;
  11. Penyusunan NSPK pengembangan sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  12. Fasilitasi pendampingan manajemen dan keuangan sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  13. Inventarisasi laporan pelaksanaan penyelenggaraan sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  14. Penyusunan NSPK pengembangan sistem pengelolaan air limbah tingkat provinsi;
  15. Fasilitasi pendampingan kelembagaan pengelolaan air limbah lintas kabupaten/kota;
  16. Inventarisasi laporan pelaksanaan penyelenggaraan pengelolaan air limbah lintas kabupaten/kota;
  17. Penyusunan NSPK pengembangan sistem drainase;
  18. Inventarisasi NSPK pengembangan sistem drainase;
  19. Penyusunan Rancangan NSPK pengembangan sistem drainase;
  20. Pengawasan pelaksanaan NSPK pengembangan sistem drainase;
  21. Fasilitasi pendampingan kelembagaan pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota;
  22. Inventarisasi laporan pelaksanaan penyelenggaraan pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota;
  • Seksi Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM)

Seksi pengembangan sistem penyediaan air minum mempunyai tugas pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan pengembangan sistem penyediaan air minum.

Uraian tugas Seksi Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum, meliputi :

  1. Penyediaan sarana dan parasarana pengembangan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  2. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pengembangan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  3. Pengelolaan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  4. Fasilitasi pendampingan kerja sama sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  5. Fasilitasi bantuan teknis dan bantuan program pengelolaan sistem penyediaan air minum kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  6. Bantuan penyertaan modal provinsi bagi pengelolaan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  7. Evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan dan pengelolaan sistem penyediaan air minum lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  8. Fasilitasi bantuan teknis dan bantuan program dalam pembinaan pengelolaan sistem penyediaan air minum bagi kabupaten/kota;
  9. Fasilitasi kerja sama antar pemerintah pusat/daerah dalam pengelolaan pembangunan sarana dan prasarana pengembangan sistem penyediaan air minum.
  • Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman (PLP)

Seksi penyehatan lingkungan permukiman mempunyai tugas pelaksanaan dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan penyehatan lingkungan permukiman.

Uraian tugas Seksi Penyehatan Lingkungan Permukiman, meliputi :

  1. Penyediaan sarana dan prasarana pengembangan persampahan, air limbah dan drainase lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  2. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pengembangan persampahan, air limbah dan drainase lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  3. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan Rencana Induk Persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  4. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  5. Fasilitasi kerja sama antar pemerintah pusat/daerah dalam sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  6. Fasilitasi bantuan teknis pengelolaan kerja sama sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  7. Evaluasi pelaksanaan penyelenggaraan dan pengelolaan sistem pengelolaan persampahan lintas kabupaten/kota dan strategis provinsi;
  8. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pengembangan air limbah lintas kabupaten/kota;
  9. Pendampingan kerja sama pengelolaan air limbah lintas kabupaten/kota;
  10. Fasilitasi bantuan teknis pengelolaan air limbah lintas kabupaten/kota;
  11. Evaluasi pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan air limbah lintas kabupaten/kota;
  12. Pembinaan dan pengawasan pelaksanaan sistem drainase tingkat provinsi;
  13. Pengawasan pelaksanaan pengembangan sistem drainase lintas kabupaten/kota;
  14. Pendampingan kerja sama pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota;
  15. Fasilitasi bantuan teknis pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota;
  16. Evaluasi hasil pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan drainase lintas kabupaten/kota.

INFORMASI

Kepala Bidang:
Ir. Abidin H. Marwangi

Tahun Pengangkatan:
13 Januari 2017